WIDGET

Get this widget

Rabu, 06 Juni 2012

Praktikum Pembuatan Sol Belerang dan Emulsi (Koloid)





TINJAUAN TEORITIS

Perlu di ingat bahwa KOLOID yang mengandung fasa terdispersi padat disebut sol. Jadi perlu diketahui juga, bahwa ada tiga jenis sol, yaitu sol padat (padat dalam padat), sol cair (padat dalam cair), dan sol gas (padat dalam gas). Istilah sol biasa digunakan untuk menyatakan sol cair, sedangkan sol gas lebih dikenal sebagai aerosol (aerosol padat). Koloid yang mengandung fasa terdispersi cair disebut EMULSI

 EMULSI juga ada tiga jenis, yaitu emulsi padat (cair dalam padat), emulsi cair (cair dalam cair), dan emulsi gas (cair dalam gas). Istilah emulsi biasa digunakan untuk menyatakan emulsi cair, sedangkan emulsi gas juga dikenal dengan nama aerosol (aerosol cair). Koloid yang mengandung fasa terdispersi gas disebut buih.
Perlu diketahui bahwa hanya ada dua jenis buih, yaitu buih padat dan buih cair. Mengapa tidak ada buih gas? Istilah buih biasa digunakan untuk menyatakan buih cair.


Gambar .1. Bahan - Bahan Pembuatan Sol Belerang dan Emulsi


Gambar .2. Pembuatan Sol Fe(OH)3

Gambar .3. Pembuatan Sol Belerang


Gambar .4. Pemisahan ¼ bagian pada Sol belerang


Gambar .5. Proses Pencampuran Pembuatan Sol Belerang



Gambar .6. Dari kanan Hasil dari pembuatan Sol Fe(OH)3 dan Emulsi


Kesimpulan :

Dari hasil praktikum di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa :

  • Pembuatan sol Fe(OH)2 dengan cara kondensasi (Reaksi Hidrolisis ) dan Pembuatan  sol  belerang dengan cara Dispersi ( mekanik ). Dan keduanya merupakan koloid.
  • Dari hasil kegiatan 3 didapat bahwa larutan gula merupakan larutan sejati dan larutan minyak dan air merupakan suspensi karena keduanya ketika disinari sinarnya menembus lurus. Sedangkan untuk larutan air dan tepung, air dan susu serta air dan sabun merupakan koloid karena larutan tersebut dapat menghamburkan sinar yang diterimanya atau efek Tyndall.

Sangat menyenangkan bukan, Sekian...

Semoga postingan ini bermanfaat.


Artikel ini hanya untuk membuat sesuatu hal yang positif, maka dari itu dilarang keras menyalahgunakan pengetahuan ini. Semoga bermanfaat, selamat bekerja dan sukkses.

0 komentar:

Posting Komentar